Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran 
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS  
            : Memahami identitas diri dan keluarga
serta sikap saling
menghormati
dalam kemajemukan keluarga. 
2.
IPA             
:  Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan
bentuk benda
3. PKN
           : 
Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan    :
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·   Berbicara            :  Mengungkapkan  fikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan denga perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·  Membaca
            : Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring.
·  Menulis
              : Menulis permulaan
dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni
Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari Mengekpresikan diri melalui
karya seni tari.
7.      Basa Sunda : Mampu mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan keinginan
secara           
                          
lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan 
(ngawanohkeun) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar bercerita.
Kompetensi Dasar  :
1. IPS  :
·        
  Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan  keluarga.
2. IPA :
·         Mengenal
benda yang dapat  diubah bentuknya.
·         Mengidentifikasikan
kegunaan benda di lingkungan sekitar.
3.  PKN :
·         Melaksanakan
tata tertib di  rumah dan di sekolah
4.  Matematika :
·        Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu
·        Mengelompokkan
berbagai  bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola  dan
kerucut )
5.      Bahasa Indonesia :
·         Membedakan
bunyi bahasa.
·         Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita
·         Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
·         Membaca
nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·         Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·         Menjiplak
berbagai bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·         Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh
huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan
benar.
·        Melengkapi
kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari
menurut tingkatan 
    
            
      tinggi rendah.
7.      Bahasa Jawa :
·         Menulis
atau menyalin  huruf lepas 
Indikator  :
1.      IPS :
·         Mengidentifikasi
hidup rukun dan tidak rukun.
·         Menjelaskan
akibat tidak menjaga kerukunan
2.      IPA :
·         Merawat
tanaman atau hewan peliharaan
·         Menceritakan
alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·         Menjelaskan
bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
3.      PKN :
·         Menyebutkan
beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Menjelaskan
manfaat mematuhi tata tertib.
·         Menjelaskan
akibat tidak patuh pada tata tertib
4.      Matematika :
·         Mengukur
panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·         Menunjukkan
perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·         Mengukur
dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Melaksanakan
perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Menunjukkan
benda/ alat permainan yang digemari.
·         Menjelaskan
cara permainan dilakukan.
·         Bercerita
berdasarkan gambar
·         Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Membaca
dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang
dan jeda pendek.
·         Menjiplak
berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·         Menebalkan
berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·         Menylin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya kembali pada buku sendiri
·         Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·         Membuat
kalimat berdasarkan gambar.
·         Menulis
puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menyebutkan
jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·         Memilih
unsur gerak tari yang sesuai iringan
 7.   Bahasa
Jawa   :
·         Menulis
/ menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
·         Menulis
/ menyalin huruf lepas yang konsonan.
·         Menulis
/ menyalin suku kata dan kata  dengan menggunakan huruf lepas dan tegak
bersambung.
·         Menyalin/
menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
·         Menyalin
/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
I.
      Tujuan Pembelajaran  :
·         Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukun dan tidak
rukun.
·         Siswa
dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
·         Siswa
dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·         Siswa
dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
·         Siswa
dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Siswa
dapat menjelaskan  manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak
mematuhinya.
·         Siswa
dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
·         Siswa
dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan
tak baku.
·         Siswa
dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Siswa
dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
·         Siswa
dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Siswa
dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
·         Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
·         Siswa
dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan
benar.
·         Siswa
dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
·         Siswa
dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Siswa
dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
·         Siswa
dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
·         Siswa
dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
·         Siswa
dapat menulis vokal e, e` dan eu  yang digabung dengan konsonan yang sama
maupun yang berbeda.
·         Siswa
dapat menuliskan kata yang dibangun dari dua suku  kata. ( kecap dwisusku)
II.
     Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Peristiwa
masa kecil
·         Hidup
rukun dalam perbedaan.
·         Oprasi
hitung bilangan.
·         Pengucapan
bunyi atau suara tertentu di sekitar
·         Pelafalan
bunyi bahasa
·         Kalimat
sapaan
·         Membaca
kata dan kalimat.
·         Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·         Unsur
– unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·         Gambar
barang budaya/ alami.
III.  Metoda Pembelajaran
:
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya
jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian
tugas.
IV.  Langkah-langkah
pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
·         Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1
      Pertemuan
pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·         Melalui
penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan
peliharaan.
·         Menjelaskan
perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·         Menyebutkan
kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·         Menyebutkan
manfaat  merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·         Menjelaskan
hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·         Melalui
penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan
beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua  di
rumah.
·         Menyebutkan
beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
·         Menjelaskan
manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
·         Melalui
pengamatan dan demontrasi siswa mengenal  pengukuran dengan satuan tak
baku.
·         Mengukur 
panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku  jengkal.
·         Mencatat
hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan ke dua   3 x 35
menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·         Melalui
penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan
menerima pesan yang disampaikan guru.
·         Menyimak
pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
·         Melaksanakan
perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
·         Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan
pengalaman tentang hidup rukun.
·                    
Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·                    
Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak
rukun.
·         Mengukur
panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
·         Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai
bahan laporan.
Peretemuan ke tiga  2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·         Melakukan
pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang
biasa dilakukan anak-anak.
·         Mengelompokkan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
·         Mengelompokkan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
·         Menunjukkan
benda/ alat permainan yang digemari.
·         Menjelaskan
cara permainan dilakukan.
·         Bercerita
berdasarkan gambar
·         Mengukur
benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
·         Mencatat
hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan
ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·         Memperhatikan
kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
·         Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· 
       Membaca dengan
memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan
jeda pendek.
·         Mengukur
benda dengan satuan tak baku  hasta.
·         Mencatat
hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
      Pertemuan
ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·        
Menulis / menyalin huruf lepas vokal
a,i,u,e1, eu, dan e.
·        
Menulis / menyalin huruf lepas yang
konsonan yang berbeda..
·         Menulis
/ menyalin suku kata dan kata  dengan menggunakan huruf lepas dan tegak
bersambung
·       Melakukan
pengukuran benda/ tempat  dengan menggunakan satuan tak baku depa.
·       Mencatatnya
dengan cermat sebagai bahan laporan.
·       Memperhatikan
bentuk  huruf yang akan dipelajari.( w,c,s )
·        
Menjiplak berbagai bentuk  huruf,
terutama huruf yang sedang dipelajari.
·        
Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk
huruf.
      Pertemuan
ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·         Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan alat
musik perkusi.
·         Menyebutkan alat musik perkusi yang dapat
mengiringi tarian.
·         Menyebutkan
jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·         Meneragakan
gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
·        
Menjiplak berbagai bentuk  gambar dan
bentuk huruf.
·        
Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk
huruf.
Minggu  ke 2
     Pertemuan
pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·         Melalui
pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta tentang sifat benda,
bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran
benda berbeda ada yang kecil dan besar
·         Mendiskusikan
hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk,
ukuran, warna, rasa, bau dan permukaan benda.
·         Melaporkan
hasil diskusi.
Menjelaskan
manfaat mematuhi peraturan di sekolah.
·         Menjelaskan
akibat dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
·         Menyebutkan
contoh lain dari tata tertib  ( tata tertib di jalan raya)
·         Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
·         Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan telapak kaki.
·         Mencatat
hasil perbandingan.
     Pertemuan
ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika
)
·        
Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat
dari buku atau papan tulis dengan benar.
·        
Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang
benar dan memegang alat tulis dengan baik.
·        
Melalui pengalaman siswa menyebutkan contoh
dari hidup rukun dan tidak rukun.
·        
Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
·        
Mendiskusikan sikap yang baik agar terjaga
kerukunan.
·         Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
·         Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan depa.
·         Mencatat
hasil perbandingan
Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa
Indonesia, Matematika  )
·         Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya kembali pada buku sendiri
·         Menyalin/
menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah  )
·         Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan langkah
·         Mencatat
hasil perbandingan
     Pertemuan ke
empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·         Mengamati
gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang
ada di dalam majalah.
·         Menceritakan
isi cerita di balik gambar.
·         Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
·         Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
·         Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan hasta.
·         Mencatat
hasil perbandingan
      Pertemuan
ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·         Menyalin/
menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
·         Menyalin
/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
·         Mengukur
satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
·         Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan hastal dan depa.
·         Mencatat
hasil perbandingan
·         Menyusun
perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
·         Menemukan fakta cara mana yang lebih mudah dan
sering digunakan.
·         Membuat
kesimpulan tentang pengukuran dengan menggunakan satuan tak baku.
·         Memperhatikan
gambar yang diambil dari majalah anak-anak
·         Menceritakan
secara sederhana cerita dalam gambar.
·         Membuat
kalimat berdasarkan gambar
     Pertemuan ke
enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·         Melalui latihan dan memeragakan siswa dapat
memilih gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
·        Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
·        Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan
intonasi dan lafal yang baik.
·         Membacakan
puisi yang ditulis di papan tulis.
·         Menulis
puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
C.  Kegiatan akhir
·         Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·         Mengerjakan
post tes
·         Pemberian
PR / tugas
V.  Alat dan Sumber
Belajar
Buku Sumber :
·         Buku
Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
·         Buku
Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
·         Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
·         Buku
Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
·         Buku
Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
·         Buku
Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga  :
1.        tambang,
tali, pita, lidi,
2.        Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.        Kartu
huruf
4.        Kartu
bilangan.
VI.  Penilaian
Teknik  Tes  :
·         Tes
lisan.
1.      Keberanian
menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2.      Ketepatan
jawaban.
3.      Keseriusan
dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·         Tes
tertulis
1.      pilihan
ganda
2.      isian.
·         Tes
perbuatan.
 Bentuk Tes :
1.      Objektif
tes
2.      Non
Objektif tes
   Instrument Tes :
·         LKS
·         Lmbar
observasi.
           
Mengetahui,
                          
                                                                                       
           
Kepala
Sekolah                      
                      
                        Guru
Mata Pelajaran Tematik
 
_______________________                     
             
                         _______________________
 
NIP.                                                 
          
            
                         NIP.

0 Response to "RPP SD Semester 1 Kegemaranku Terbaru"
Posting Komentar