Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS
: Memahami identitas diri dan keluarga
serta sikap saling
menghormati
dalam kemajemukan keluarga.
2.
IPA
: Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan
bentuk benda
3. PKN
:
Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan :
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan denga perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca
: Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring.
· Menulis
: Menulis permulaan
dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni
Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari Mengekpresikan diri melalui
karya seni tari.
7. Basa Sunda : Mampu mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan keinginan
secara
lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan
(ngawanohkeun) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar bercerita.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
·
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
2. IPA :
· Mengenal
benda yang dapat diubah bentuknya.
· Mengidentifikasikan
kegunaan benda di lingkungan sekitar.
3. PKN :
· Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
4. Matematika :
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu
· Mengelompokkan
berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan
kerucut )
5. Bahasa Indonesia :
· Membedakan
bunyi bahasa.
· Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita
· Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
· Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat.
· Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh
huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan
benar.
· Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari
menurut tingkatan
tinggi rendah.
7. Bahasa Jawa :
· Menulis
atau menyalin huruf lepas
Indikator :
1. IPS :
· Mengidentifikasi
hidup rukun dan tidak rukun.
· Menjelaskan
akibat tidak menjaga kerukunan
2. IPA :
· Merawat
tanaman atau hewan peliharaan
· Menceritakan
alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
· Menjelaskan
bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
3. PKN :
· Menyebutkan
beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
· Menjelaskan
manfaat mematuhi tata tertib.
· Menjelaskan
akibat tidak patuh pada tata tertib
4. Matematika :
· Mengukur
panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
· Menunjukkan
perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.
· Mengukur
dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
5. Bahasa Indonesia :
· Melaksanakan
perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
· Menunjukkan
benda/ alat permainan yang digemari.
· Menjelaskan
cara permainan dilakukan.
· Bercerita
berdasarkan gambar
· Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· Membaca
dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang
dan jeda pendek.
· Menjiplak
berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
· Menebalkan
berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
· Menylin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya kembali pada buku sendiri
· Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
· Membuat
kalimat berdasarkan gambar.
· Menulis
puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
· Menyebutkan
jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
· Memilih
unsur gerak tari yang sesuai iringan
7. Bahasa
Jawa :
· Menulis
/ menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
· Menulis
/ menyalin huruf lepas yang konsonan.
· Menulis
/ menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak
bersambung.
· Menyalin/
menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
· Menyalin
/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
I.
Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukun dan tidak
rukun.
· Siswa
dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
· Siswa
dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
· Siswa
dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
· Siswa
dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
· Siswa
dapat menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak
mematuhinya.
· Siswa
dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
· Siswa
dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan
tak baku.
· Siswa
dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
· Siswa
dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
· Siswa
dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· Siswa
dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
· Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
· Siswa
dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan
benar.
· Siswa
dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
· Siswa
dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
· Siswa
dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
· Siswa
dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
· Siswa
dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
· Siswa
dapat menulis vokal e, e` dan eu yang digabung dengan konsonan yang sama
maupun yang berbeda.
· Siswa
dapat menuliskan kata yang dibangun dari dua suku kata. ( kecap dwisusku)
II.
Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Peristiwa
masa kecil
· Hidup
rukun dalam perbedaan.
· Oprasi
hitung bilangan.
· Pengucapan
bunyi atau suara tertentu di sekitar
· Pelafalan
bunyi bahasa
· Kalimat
sapaan
· Membaca
kata dan kalimat.
· Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
· Unsur
– unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
· Gambar
barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran
:
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya
jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah
pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
· Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
· Melalui
penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan
peliharaan.
· Menjelaskan
perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
· Menyebutkan
kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
· Menyebutkan
manfaat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
· Menjelaskan
hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
· Melalui
penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan
beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua di
rumah.
· Menyebutkan
beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
· Menjelaskan
manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
· Melalui
pengamatan dan demontrasi siswa mengenal pengukuran dengan satuan tak
baku.
· Mengukur
panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku jengkal.
· Mencatat
hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
· Melalui
penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan
menerima pesan yang disampaikan guru.
· Menyimak
pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
· Melaksanakan
perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
· Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan
pengalaman tentang hidup rukun.
·
Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·
Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak
rukun.
· Mengukur
panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
· Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai
bahan laporan.
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
· Melakukan
pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang
biasa dilakukan anak-anak.
· Mengelompokkan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
· Mengelompokkan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
· Menunjukkan
benda/ alat permainan yang digemari.
· Menjelaskan
cara permainan dilakukan.
· Bercerita
berdasarkan gambar
· Mengukur
benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
· Mencatat
hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan
ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
· Memperhatikan
kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
· Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·
Membaca dengan
memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan
jeda pendek.
· Mengukur
benda dengan satuan tak baku hasta.
· Mencatat
hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Menulis / menyalin huruf lepas vokal
a,i,u,e1, eu, dan e.
·
Menulis / menyalin huruf lepas yang
konsonan yang berbeda..
· Menulis
/ menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak
bersambung
· Melakukan
pengukuran benda/ tempat dengan menggunakan satuan tak baku depa.
· Mencatatnya
dengan cermat sebagai bahan laporan.
· Memperhatikan
bentuk huruf yang akan dipelajari.( w,c,s )
·
Menjiplak berbagai bentuk huruf,
terutama huruf yang sedang dipelajari.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk
huruf.
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
· Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan alat
musik perkusi.
· Menyebutkan alat musik perkusi yang dapat
mengiringi tarian.
· Menyebutkan
jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
· Meneragakan
gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk
huruf.
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
· Melalui
pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta tentang sifat benda,
bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran
benda berbeda ada yang kecil dan besar
· Mendiskusikan
hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk,
ukuran, warna, rasa, bau dan permukaan benda.
· Melaporkan
hasil diskusi.
Menjelaskan
manfaat mematuhi peraturan di sekolah.
· Menjelaskan
akibat dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
· Menyebutkan
contoh lain dari tata tertib ( tata tertib di jalan raya)
· Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
· Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan telapak kaki.
· Mencatat
hasil perbandingan.
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika
)
·
Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat
dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang
benar dan memegang alat tulis dengan baik.
·
Melalui pengalaman siswa menyebutkan contoh
dari hidup rukun dan tidak rukun.
·
Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
·
Mendiskusikan sikap yang baik agar terjaga
kerukunan.
· Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
· Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan depa.
· Mencatat
hasil perbandingan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa
Indonesia, Matematika )
· Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya kembali pada buku sendiri
· Menyalin/
menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
· Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah )
· Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan langkah
· Mencatat
hasil perbandingan
Pertemuan ke
empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
· Mengamati
gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang
ada di dalam majalah.
· Menceritakan
isi cerita di balik gambar.
· Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
· Mengukur
satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
· Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan hasta.
· Mencatat
hasil perbandingan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
· Menyalin/
menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
· Menyalin
/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
· Mengukur
satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
· Membandingkan
hasil pengukuran panjang yang menggunakan hastal dan depa.
· Mencatat
hasil perbandingan
· Menyusun
perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
· Menemukan fakta cara mana yang lebih mudah dan
sering digunakan.
· Membuat
kesimpulan tentang pengukuran dengan menggunakan satuan tak baku.
· Memperhatikan
gambar yang diambil dari majalah anak-anak
· Menceritakan
secara sederhana cerita dalam gambar.
· Membuat
kalimat berdasarkan gambar
Pertemuan ke
enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
· Melalui latihan dan memeragakan siswa dapat
memilih gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
· Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
· Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan
intonasi dan lafal yang baik.
· Membacakan
puisi yang ditulis di papan tulis.
· Menulis
puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
C. Kegiatan akhir
· Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Mengerjakan
post tes
· Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber
Belajar
Buku Sumber :
· Buku
Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
· Buku
Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
· Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
· Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
· Buku
Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
· Buku
Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
· Buku
Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga :
1. tambang,
tali, pita, lidi,
2. Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3. Kartu
huruf
4. Kartu
bilangan.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
· Tes
lisan.
1. Keberanian
menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan
jawaban.
3. Keseriusan
dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
· Tes
tertulis
1. pilihan
ganda
2. isian.
· Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif
tes
2. Non
Objektif tes
Instrument Tes :
· LKS
· Lmbar
observasi.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru
Mata Pelajaran Tematik
_______________________
_______________________
NIP.
NIP.
0 Response to "RPP SD Semester 1 Kegemaranku Terbaru"
Posting Komentar