Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika
: Menggunakan pengukuran waktu dan
panjang
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang
lisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan
dengan
perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan
fungsi anggota tubuh, dan
deklamasi.
·
Membaca
: Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, ............................mencontoh,
melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari.
Kompetensi Dasar
:
1. IPS
:
·
Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
·
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat.
3. PKN :
·
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
·
Menentukan
lama suatu kejadian berlangsung.
·
Mengenal
panjang suatu benda melalui kalimat
sehari-hari. ( pendek,
panjang ) dan
membandingkannya.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Melaksanakn
sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
I. Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa
dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa,
kebiasaan )
·
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
·
Siswa
dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·
Siswa
dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor
·
Siswa
dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
·
Siswa
dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah maupun di sekolah.
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan lama dan sebentar.
·
Siswa
dapat menyebutkan, membandingkan,
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·
Siswa
dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
·
Siswa
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·
Siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·
Siswa
dapat membaca nyaring.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·
Siswa
dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat yang belem sempurna yang sesuai dengan gambar.
·
Siswa
dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber
dari tubuh ( internal.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
1. Hidup rukun dalam kemajemuka keluarga.
2. Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di
sekitar rumah dan sekolah.
3. Hidup rukun dalam perbedaan.
4. Satuan pengukuran.
5. Teks yang terdiri atas berbagai kalimat
perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
6. Mendengarkan dongeng dan menceritakan
kembali.
7. Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
8. Gambar sederhana.
9. Unsur gerak tari bersumber dari gerak
hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan
pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan
inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melalui pengamatan lingkungan
sekitar siswa menjelaskan lingkungan sekolah termasuk lingkungan sehat atau tidak sehat.
F Mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat.
F Mengemukakan ciri –ciri lingkungan tidak
sehat.
F Setelah mendengarkan penjelasan guru dan
mengingat kembali pengalaman, siswa menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap saling menghargai
perbedaan masing-masing.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat
dan tidak sehat.
F Melakukan tanya jawab tentang hasil
diskusi.
F Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang menggambarkan kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan
lingkungan masyarakat.
F Menyebutkan beberapa contoh peristiwa yang diakibatkan dari tidak menjaga
kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
F Melalui pengamatan dan penjelasan
guru, siswa membedakan kegiatan yang termasuk kategori lama dan
sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk
lama.
F Menyusun kegiatan yang termasuk lama.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan menyimak siswa dapat melakukan
sesuatu sesuai perintah atau permintaan
guru.
F Melalui permainan bisik-bisik, siswa dapat
melakukan pesan / permintaan guru.
F Guru menyampaikan pesan dengan kalimat perintah yang dapat dilakukan siswa.
F Menjelaskan kemajemukan keluarga
sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan pada foto keluarga besar
dan penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
F Kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis
kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan
hidup.
F Mengisi LKS yang mencari data tentang
kemajemukan keuarga.
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan
kegiatan yang termasuk kategori sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk
sebentar.
F Menyusun kegiatan yang termasuk sebentar
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendengarkan dongeng dengan
sungguh-sungguh.
F Menjelaskan isi dongeng dengan bahasa sendiri dan menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa
memperkirakan panjangnya suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan
pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas
yang termasuk kategori pendek
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa secara berkelompok memperagakan
tokoh dalam dongeng, sesuai jalan ceritanya di depan kelas.
F Memberikan pendapat tentang penampilan teman-temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa
memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan
pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
F Membandingkan beberapa benda milik
siswa yang dapat diperkirakan
panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih
panjang atau lebih pendek.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca nyaring
suku kata dan kata yang masih berhubungan dengan dongeng yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan siswa menirukan kalimat permohonan ijin
ke kamar kecil, meminjam alat tulis, tidak masuk sekolah dll.
F Membedakan bahasa yang disampaikan bila
permohonan ijin kepada orang tua atau orang yang lebih tua usianya.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan
cara dan bahasa yang santun.
F Membandingkan beberapa benda yang berada
di luar kelas yang dapat diperkirakan
panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk
membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
F Membuat kesimpulan tentang sifat dari tokoh dongeng yang baik untuk
ditiru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca nyaring kata dan kalimat sederhana
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Membaca kalimat yang ditulis di papan
tulis. Dengan suara nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan - gerakan tari
dalam posisi duduk yang meniru gerakan
tumbuhan.
F Melalui latihan dan peragaan siswa dapat
melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi jongkok yang meniru gerakan
binatang.
F Melalui latihan dan peragaan siswa
melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi berdiri yang meniru gerakan binatang.
F Melalui latihan dan peragaan siswa
melakukan gerakan – gerakan tari dalam gabungan
posisi duduk, jongkok dan berdiri
yang meniru gerakan tumbuhan dan
binatang secara berkelompok.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan sikap membeda-bedakan berarti berlaku tidak adil,
tidak sesuai dengan pengamalan pancasila.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan lingkungan sekitar
siswa mendiskusikan secara sederhana
hal-hal yang dapat merusak kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh
pada kesehatan pribadi.
F Menyebutkan bahwa air kotor, asap
pabrik,asap kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah merupakan kondisi lingkungan
yang tidak baik bagi kesehatan.
F Melalui pengamatan, penjelasan dan
pengalaman, siswa menjelaskan kedudukan manusia sama dalam keluarga maupun di
sekolah dan di masyarakat.
F Menyebutkan hak dan kewajiban kita sebagai
anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
F Menyebukan sikap yang baik dalam
menjungjung keadilan.
F Membandingkan beberapa benda bawaan dari
rumah yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau
lebih pendek.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui
penjelasan guru siswa termotivasi untuk menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam menjaga kerukunan
hidup dalam lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjiplak bentuk huruf dan gambar yang ada
dalam buku
F Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
F Menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang
dapat menjaga kerukunan di sekolah.
F Setelah melakukan percobaan siswa mengisi lembar
kerja untuk mencatat fakta panjang benda
yang ada di sekitar
siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru ,
siswa membedakan keadaan jarak dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu
dekat dan jauh.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekanb dengan
tulisan lepas.
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak
bersambung.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak jauh.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak dekat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui percobaan dan pencarian fakta siswa menyusun
kategori suatu jarak, termasuk jauh atau dekat jarak suatu tempat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat dari buku ke dalam buku
tulis sendiri.
F Menyalin dwengan bentuk furuf sambung yang rapi dan dapat
terbaca oleh orang lain.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang
menceritakan suasana di kelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan jantara jarak tempat yang
jauh dan dekat.
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan
gambar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan dan latihan siswa
melakukan gerakan-gerakan tari dengan mengikuti pola lantai
F Melakukan gerakan tari dengan pola lantai
I, L, dan U.
F Melakukan gerakan tari dengan pola
lantai kombinasi antara pola lantai I,L
dan U
F Melakukan gerakan tari dengan iringan
petik jari dan tepuk tangan.
F Mengamati gambar yang menceritakan suasana
di pedesaan
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan
gambar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa
yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga:
1. Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat..
2. Gambar keluarga dari majalah / foto
keluarga.
3. Kartu huruf, kartu kata, kalimat
4. aneka benda untuk perbandingan panjang (
lidi, pensil, tali sepatu, pita, dll.).
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Memberi
contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,
dll )
·
Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
.
2.
IPA :
·
Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat
dan ciri ciri lingkungan
yang tidak sehat.
·
Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah,
asap kendaraan merupakan kondisi
lingkungan kurang baik bagi kesehatan
· Membiasakan membuang sampah pada
tempatnya.
3.
PKN :
·
Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan
dalam lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah.
·
Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah dan di sekolah.
4.
Matematika
:
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·
Menyebutkan
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·
Memberi
contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·
Membandingkan
panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih
pendek
·
Mengenal
jarak dekat dan jauh.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Melakukan
sesuatu sesuai perintah
atau permintaan guru.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·
Menjawab
pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Membaca
nyaring ( didengar siswa )
·
Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Mengenali
huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat
sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar
dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
gerak tari sesuai level.
·
Mengidentifikasi
gerak keseimbangan pola lantai.
·
Mengidentifikasi
bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (
internal ).
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Tes urain
LKS
Lmbar observasi
|
1.
IPS :
·
Sebutkanlah
contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,
dll )
·
Jelaskanlah manfaat hidup rukun dalam keluarga
.
2.
IPA :
·
TemukakanLAH ciri-ciri lingkungan yang sehat
dan ciri ciri lingkungan
yang tidak sehat.
·
Jelaskanlah bahwa air kotor tumpukkan sampah,
asap kendaraan merupakan kondisi
lingkungan kurang baik bagi kesehatan
· Jelaskanlah
cara membuang sampah pada
tempatnya.
3.
PKN :
·
Tunjukkanlah sikap saling menghargai perbedaan
dalam lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah.
·
Tunjukkanlah sikap tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah dan di sekolah.
4.
Matematika
:
·
Sebutkanlah contoh kegiatan
sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·
Sebutkanlah contoh kegiatan
sehari-hari yang dilakukan lama.
·
Sebutkanlah panjang suatu
benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·
Sebutkanlah contoh benda yang
panjang dan benda yang pendek.
·
Bandingkanlah
panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih
pendek
·
Bagaimana
cara Mengenal jarak dekat dan jauh.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Bagaimana
cara Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan
guru.
·
Ceritakanlah
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·
Jelaskanlah isi dongeng.
·
Peragakanlah
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Bacakanlah
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Jelaskanlah
Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana.
·
Bagaimana
cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Bagaimana
cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Bagaimana
cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku
dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Bagaimana
cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis
guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
·
Bagaimana
cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Kelompokkanlah
gerak tari sesuai level.
·
Jelaskanlah gerak keseimbangan pola lantai.
·
Jelaskanlah bentuk iringan tari dengan menggunakan
bunyi yang bersumber dari tubuh. ( internal ).
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD
…….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
0 Response to "RPP SD Tema Budi Pekerti Semester 1 Terbaru"
Posting Komentar