iklan

RPP SD Tema Budi Pekerti Semester 1 Terbaru

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Budi Pekerti
Kelas/Semester    :  I / 1
Alokasi Waktu     : 2 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·         Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang    
                             lisankan.
·         Berbicara          : Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan    
                             dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan 
                             fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·         Membaca          : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·         Menulis            : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,         ............................mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.

         2. IPA :
·         Membedakan lingkungan  sehat dan tidak sehat.

3.  PKN :
·         Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

4.  Matematika :
·         Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
·         Mengenal panjang suatu  benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek,               
            panjang ) dan  membandingkannya.

5.      Bahasa Indonesia :
·         Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·         Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·         Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·         Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·         Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi


I.    Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
·         Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
·         Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·         Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi  kotor
·         Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
·         Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.
·         Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan lama dan sebentar.
·         Siswa dapat menyebutkan, membandingkan,  panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·         Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
·         Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·         Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·         Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·         Siswa dapat membaca nyaring.
·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·         Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·         Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
·         Siswa dapat melengkapi kalimat yang belem sempurna yang sesuai dengan gambar.
·         Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·         Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·         Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
1.      Hidup rukun dalam kemajemuka keluarga.
2.      Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.
3.      Hidup rukun dalam perbedaan.
4.      Satuan pengukuran.
5.      Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
6.      Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
7.      Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
8.      Gambar sederhana.
9.      Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
·         Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa menjelaskan lingkungan sekolah termasuk lingkungan sehat  atau tidak sehat.
F Mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat.
F Mengemukakan ciri –ciri lingkungan tidak sehat.
F Setelah mendengarkan penjelasan guru dan mengingat kembali pengalaman, siswa menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap saling menghargai perbedaan masing-masing.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan  manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat dan tidak sehat.
F Melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi.
F Menyebutkan beberapa contoh kegiatan  yang menggambarkan kerukunan  dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
F Menyebutkan beberapa contoh  peristiwa yang diakibatkan dari tidak menjaga kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
F Melalui pengamatan dan penjelasan guru,  siswa membedakan  kegiatan yang termasuk kategori lama dan sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk lama.
F Menyusun kegiatan yang  termasuk lama.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan menyimak siswa dapat melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan  guru.
F Melalui permainan bisik-bisik, siswa dapat melakukan pesan /  permintaan guru.
F Guru menyampaikan pesan dengan  kalimat perintah yang dapat dilakukan siswa.
F Menjelaskan kemajemukan keluarga sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan pada foto keluarga besar dan penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
F Kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan hidup.
F Mengisi LKS yang mencari data tentang kemajemukan keuarga.
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan kegiatan yang termasuk kategori sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk sebentar.
F Menyusun kegiatan yang termasuk sebentar
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendengarkan dongeng dengan sungguh-sungguh.
F Menjelaskan isi dongeng dengan bahasa sendiri  dan menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjangnya suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas  yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas  yang termasuk kategori pendek
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa secara berkelompok memperagakan tokoh dalam dongeng, sesuai jalan ceritanya di depan kelas.
F Memberikan pendapat tentang penampilan teman-temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas  yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas  yang termasuk kategori pendek
F Membandingkan beberapa benda milik siswa  yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca  nyaring suku kata dan kata yang masih berhubungan dengan dongeng yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan siswa menirukan kalimat permohonan ijin ke kamar kecil, meminjam alat tulis, tidak masuk sekolah dll.
F Membedakan bahasa yang disampaikan bila permohonan ijin kepada orang tua atau orang yang lebih tua usianya.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan cara dan bahasa yang santun.
F Membandingkan beberapa benda yang berada di luar kelas  yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
F Membuat kesimpulan tentang sifat dari tokoh dongeng yang baik untuk ditiru.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca nyaring kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Membaca kalimat yang ditulis di papan tulis. Dengan suara nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui latihan dan peragaan  siswa dapat melakukan gerakan - gerakan tari dalam posisi  duduk yang meniru gerakan tumbuhan.
F Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi jongkok yang meniru gerakan binatang.
F Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi berdiri  yang meniru gerakan binatang.
F Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam gabungan  posisi duduk, jongkok dan berdiri   yang meniru gerakan tumbuhan dan  binatang secara berkelompok.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan sikap membeda-bedakan berarti berlaku tidak adil, tidak sesuai dengan pengamalan pancasila.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa mendiskusikan secara sederhana  hal-hal yang dapat merusak kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh pada kesehatan pribadi.
F Menyebutkan bahwa air kotor, asap pabrik,asap kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah merupakan kondisi lingkungan yang tidak baik bagi kesehatan.
F Melalui pengamatan, penjelasan dan pengalaman, siswa menjelaskan kedudukan manusia sama dalam keluarga maupun di sekolah dan di masyarakat.
F Menyebutkan hak dan kewajiban kita sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
F Menyebukan sikap yang baik dalam menjungjung keadilan.
F Membandingkan beberapa benda bawaan dari rumah yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru siswa termotivasi untuk menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam menjaga kerukunan hidup dalam lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjiplak bentuk huruf dan gambar yang ada dalam buku
F Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
F Menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dapat menjaga kerukunan di sekolah.
F Setelah melakukan percobaan siswa mengisi lembar kerja untuk mencatat fakta panjang benda  yang ada di sekitar siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru , siswa membedakan keadaan jarak dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu dekat dan jauh.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekanb dengan tulisan lepas.
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak jauh.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak dekat.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui percobaan dan pencarian fakta siswa menyusun kategori suatu jarak, termasuk jauh atau dekat jarak suatu tempat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat dari buku ke dalam buku tulis sendiri.
F Menyalin dwengan bentuk furuf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan suasana di kelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan jantara jarak tempat yang jauh dan dekat.
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan dan latihan siswa melakukan gerakan-gerakan tari dengan mengikuti pola lantai 
F Melakukan gerakan tari dengan pola lantai I, L, dan U.
F Melakukan gerakan tari dengan pola lantai  kombinasi antara pola lantai I,L dan U
F Melakukan gerakan tari dengan iringan petik jari dan tepuk tangan.
F Mengamati gambar yang menceritakan suasana di pedesaan
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
    1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    2. Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    6. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    7. Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·         Alat Peraga:
1.      Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat..
2.      Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.      Kartu huruf, kartu kata, kalimat
4.      aneka benda untuk perbandingan panjang ( lidi, pensil, tali sepatu, pita, dll.).

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·   Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·   Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .

2.      IPA :
·   Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·   Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·   Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

3.      PKN :
·   Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·   Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.

4.      Matematika :
·   Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·   Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·   Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·   Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·   Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih  pendek
·   Mengenal jarak dekat dan jauh.

5.      Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·   Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·   Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·   Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·   Membaca nyaring ( didengar siswa )
·   Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·   Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·   Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·   Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·   Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·   Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·   Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·   Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·   Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·   Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. ( internal ).


Tes lisan

Tes tertulis


Tes urain

LKS

Lmbar observasi
1.      IPS :
·   Sebutkanlah contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·   Jelaskanlah manfaat hidup rukun dalam keluarga .

2.      IPA :
·   TemukakanLAH ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·   Jelaskanlah bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·   Jelaskanlah cara membuang sampah pada tempatnya.

3.      PKN :
·   Tunjukkanlah sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·   Tunjukkanlah sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.

4.      Matematika :
·   Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·   Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·   Sebutkanlah panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·   Sebutkanlah contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·   Bandingkanlah panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih  pendek
·   Bagaimana cara Mengenal jarak dekat dan jauh.

5.      Bahasa Indonesia.
·   Bagaimana cara Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·   Ceritakanlah kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·   Jelaskanlah isi dongeng.
·   Peragakanlah tokoh dongeng di depan kelas.
·   Bacakanlah nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·   Jelaskanlah Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·   Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·   Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·   Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·   Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·   Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·   Kelompokkanlah gerak tari sesuai level.
·   Jelaskanlah  gerak keseimbangan pola lantai.
·   Jelaskanlah  bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. ( internal ).
·   LKS
·   Lmbar observasi.

I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.





Mengetahui
Kepala Sekolah SD …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



0 Response to "RPP SD Tema Budi Pekerti Semester 1 Terbaru"

Posting Komentar